Menyajikan Artikel Terkait Ibu, Anak dan Bayi

Makanan Sehat untuk Bayi

Makanan Sehat untuk Bayi

Bayi yang baru lahir memiliki perut kecil yang belum terlalu kuat. Kita harus mengatur baik-baik makanan yang masuk dalam perut bayi. Pada usia 0-6 bulan, sebaiknya bayi hanya diberikan ASI. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mengatur makanan bayi, antara lain usia si kecil, cara pengolahan dan kandungan gizi. Kita akan membahasnya satu per satu, yang pertama adalah usia bayi. Setiap tahapan usia bayi memiliki perbedaan pada makanannya. Pada usia 6-12 bulan, kita bisa memberikan makanan lembut dan semi padat seperti bubur atau pisang atau sari buah lainnya seperti jeruk, jus pepaya atau buah-buahan lainnya yang memiliki tekstur lembut. Memasuki usia satu tahun, kita bisa leih leluasa memberikan makanan pada si kecil, seperti potongan buah atau sayur. Tetapi harus diperhatikan kebersihannya.

Kebersihan bisa dilakukan sejak anda memilihkan makanan untuk si kecil. Ada baiknya anda mengolah atau memasaknya sendiri untuk memastikan kebersihannya. Bahan baku yang baik biasanya bahan baku yang mengandung banyak vitamin dan omega, seperti ayam,sayur dan ikan. Untuk sayur, sebaiknya memilih sayur yang masih segar dan berwarna cerah. Begitupun dengan ikan, pilih yang segar dan berwarna merah . Masak dengan cara dan rasa yang di sukai oleh si kecil. Pastikan makanan matang sempurna agar tidak ada kuman dan bakteri yang masih menempel pada makanan. Tetapi jangan memasak dengan api yang terlalu besar agar makanan bisa lembek dan bisa menghilangkan nutrisi yang terkandunng dalam makanan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam mengatur dan menyiapkan makanan adalah jangan pernah menambahkan penyedap atau MSG pada makanan, tapi tetap memperhatikan cita rasa makanan bagi bayi. Bahan tersebut bisa merusak fungsi otak. Pastikan makanan yang anda berikan bisa dan mudah di telan oleh si kecil, tunggu makanan hingga hilang panasnya lalu cicipi terlebih dahulu.Jika Anda memilih memberikan makanan instan selalu periksa kemasan dan tanggal kadaluarsanya. Hindari memilih makanan dengan kemasan rusak terlebih sudah mendekati tanggal kadaluarsa. Jika Anda menyimpan makanan dan akan diberikan lagi nanti, usahakan simpan makanan pada tempat yang bersih dan jauh dari bau yang menyengat.
Saat senggang, ada baiknya Anda mempelajari kandungan gizi yang berkaitan dengan mengatur dan menyiapkan makanan bayi. Salah satunya dengan mencari tahu kandungan gizi pada makanan instan untuk bayi dengan membaca kandungan gizi yang tertera di belakang kemasan produk. Jangan memilih makanan instan untuk yang banyak mengandung perasa buatan.Sebaiknya Anda memasak sendiri dengan bahan alami, yang kandungan gizinya bisa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Sehat untuk Bayi

0 comments:

Posting Komentar